Zakat Payment Gateway (Pilih salah satu)

2 Virtual Account (Faspay)
4 FAQ

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembayaran Zakat di IZI, tanyakan kepada Zakat Advisor di 1500047

Jam Operasional

Sen-Jum 8:00 - 17:00
Sabtu & Ahad Tutup!
Kecuali Ramadhan
Buka tiap hari jam 8.00 - 18.00

Tingkatkan Edukasi Zakat, IZI Gelar Seminar

Senin, 26 Mar 2018 by | 144 visitor
Dok. IZI News

SEMARANG (IZI NEWS) - Dalam rangka edukasi dan tingkatkan pemahaman mengenai ilmu zakat, Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah selenggarakan sebuah seminar yang membahas Manajemen Zakat. Seminar yang mengangkat  tema "Mengelola Zakat Zaman Now" turut dihadiri oleh beberapa narasumber dan ratusan peserta. (26/3)

Djoko Adhi selaku Kepala Perwakilan IZI Jateng menjelaskan mengenai tujuan diselenggarakan seminar tersebut sebagai upaya edukasi mengenai ilmu zakat secara komprehensif.
"Pengelolaan zakat di era kini harus sesuai dengan Undang-Undang Zakat yang dibarengi dengan inovasi dalam pengelolaannya. Hal tersebut disampaikan mengingat perkembangan zaman yang pesat yang harus dibarengi dengan kemasan menarik agar masyarakat mudah mengerti tentang zakat." ujar Djoko Adhi ketika berikan keterangan pada Sabtu (24/3) di Semarang.

Menanggapi hal tersebut, Mepala Bidang Penerangan Islam, Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Provinsi Jateng, Saidun turut apresiasi kegiatan tersebut. 

"Kami mengapresiasi inisiasi kegiatan seminar ini, karena salah satu upaya untuk mengoptimalkan potensi dana zakat yang sangat besar ini adalah dengan berikan edukasi yang maksimal dan sinergi Lembaga Amil Zakat (LAZ) atau Badan Amil Zakat (BAZ) dengan lembaga ataupun yayasan yang menghimpun dana zakat masyarakat." ungkapnya.

Mengutip dari sebuah artikel mengenai "Amil Zakat Zaman Now" yang ditulis oleh salah satu narasumber seminar tersebut, Nana Sudiana, Sekretaris Jenderal Forum Organisasi Zakat (Sekjend FOZ Nasional) terpilih yang mengungkap bahwa di era global sedang terjadi proses peralihan dari cara manual ke digital. 

Hal tersebut tak bisa dihindarkan juga bagi Organisaisi Pengelola Zakat (OPZ) untuk mengikuti pola tersebut. Apabila tidak, hanya OPZ yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang dapat bertahan hidup dan terus berkembang.

"Dalam perubahan ini, bukan hanya terjadi proses peralihan dari manual ke digital, namun lebih dari sekedar itu. Proses digitalisasi ini ternyata mengubah banyak hal, termasuk praktik-praktik di dunia zakat sebelumnya. Apa yang pernah dilakukan langsung terasa usang dan sulit untuk terus dipertahankan. Dan hal ini tak terhindarkan juga pada OPZ, organisasi pengelola zakat yang tak berubah mau tidak mau akan tergilas jaman. Pada akhirnya, hanya OPZ yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang bisa bertahan hidup dan terus berkembang." jelas Nana Sudiana.

Dari acara seminar yang turut dihadiri oleh Penasihat Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kota Semarang, Diding Darmudi, Jose Rizal selaku Manajer Bisnis dan service PT. Garuda Indonesia Cabang Semarang, serta Muhammad Ardhani (Manajer Mitra IZI Nasonal) kedepannya diharapkan dapat ditindaklanjuti melalui berbagai program inovasi dan kreatif agar semakin mudah masyarakat belajar, dan mudah juga untuk membayar zakat. (IZI/Ricky/Jateng)

KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Sign In untuk mendapatkan benefit dengan menjadi member IZI

Lupa Info Akun Anda?

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

TOP