Zakat Payment Gateway (Pilih salah satu)

2 Virtual Account (Faspay)
4 FAQ

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembayaran Zakat di IZI, tanyakan kepada Zakat Advisor di 1500047

Jam Operasional

Sen-Jum 8:00 - 17:00
Sabtu & Ahad Tutup!
Kecuali Ramadhan
Buka tiap hari jam 8.00 - 18.00
dok. IZI News

MEDAN (IZI NEWS) - Selain bertekad memberikan pelayanan handal kepada para konsumennya, PT PLN (Persero) juga prihatin dengan nasib masyarakat yang membutuhkan bantuan. Hal itu ditandai dengan didirikannya Rumah Singgah Pasien (RSP) yang diinisiasi oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisaitif Zakat Indonesia (IZI) untuk masyarakat. (3/5)

Rumah singgah yang merupakan Program LAZNAS IZI dan yang didukung oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PT. PLN itu diperuntukkan bagi masyarakat Sumatera Utara (Sumut) yang berobat ke Kota Medan. Sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk tempat menginap.
Rumah singgah yang berkapasitas 11 orang itu, berada di Jalan Bunga lau, Nomor 53, Kecamatan Medan Tuntungan, Medan. Tepatnya, rumah singgah tersebut berdekatan dengan Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan.

Direktur Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto, pada mengatakan, apa yang mereka buat berawal dari Instruksi Direktur Utama PLN kepada Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Pusat untuk Fokus menyalurkan Dana Zakat yang dihimpun dari 2.5% penghasilan pegawai muslim kepada Dhuafa.
"YBM PLN mendukung Program Rumah Singgah Pasien (RSP) yang tersebar di 10 Daerah di Indonesia yang bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)," kata Wiluyo, Senin (30/4) saat meresmikan RSP yang disaksikan oleh seluruh GM PLN se-Regional Sumut.

Selain meresmikan, mewakili YBM PLN Wiluyo juga menyalurkan dana zakat secara simbolis untuk Pembangunan Rumah Singgah Pasien senilai Rp 150 juta dan untuk Lembaga Dakwah Amal Luhur Islam Muttaqien senilai Rp 100 juta.
Sementara itu, Kepala Perwakilan IZI Sumut Muhammad Iqbal Farizi menyatakan bahwa, untuk RSP di Sumatera Utara ini merupakan RSP kedua yang dibangun oleh IZI bersama YBM PLN pada tahun 2018. Adapun sejak tahun 2016 lalu telah terbangun sebanyak 11 RSP yang tersebar di Indonesia.

"Rumah Singgah ini merupakan rumah singgah sementara yang tidak termasuk tindakan medis. Dan salah satu syaratnya adalah bukan pasien penyakit menular," kata Iqbal.

YBM PLN Wilayah Sumut mendapat Amanah untuk melaksanakan Program RSP ini disekitar Rumah Sakit Pemerintah Daerah di Kota Medan yang berlokasi di Rumah Sakit H.Adam Malik. Adapun RSP ini tepat berada di belakang Masjid Rumah Sakit.
"RSP ini adalah sebuah rumah yang diperuntukkan buat para pasien dhuafa dan pendampingnya yang berasal dari luar Kota Medan. Serta membutuhkan tempat tinggal sementara karena menunggu jadwal pengobatan dari Rumah Sakit H.Adam Malik. Sebagai pelaksana operasional RSP ini YBM PLN Wilsu bekerjasama dengan IZI Perwakilan Sumut," jelasnya.


Di RSP YBM PLN ini, para pasien dapat tinggal sesuai dengan kebutuhan berdasarkan rujukan dari Rumah Sakit luar kota dan jadwal perobatan dari RS.H.Adam Malik.
"Fasilitas yang didapatkan mulai dari tempat tidur yang layak, makanan, sarana kebersihan yang memadai, sampai dengan Penyediaan Kursi Roda," tandasnya.

KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Sign In untuk mendapatkan benefit dengan menjadi member IZI

Lupa Info Akun Anda?

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

TOP