Zakat Payment Gateway (Pilih salah satu)

2 Virtual Account (Faspay)
4 FAQ

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembayaran Zakat di IZI, tanyakan kepada Zakat Advisor di 1500047

Jam Operasional

Sen-Jum 8:00 - 17:00
Sabtu & Ahad Tutup!
Kecuali Ramadhan
Buka tiap hari jam 8.00 - 18.00

Beasiswa Pelajar IZI: Cara Muslim Menghadapi Ujian

Kamis, 07 Des 2017 by | 129 visitor

SEMARANG (IZI NEWS) - Pekan ini kegiatan pendampingan ‘Beasiswa Pelajar’ Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah dilakukan di ruang ‘20’ SMKN 4 Semarang, Rabu (6/12/2017).

Peserta beasiswa pelajar di SMKN 4 Semarang berjumlah 11 orang. Walau sedang diadakan Ujian Akhir Semester (UAS), 9 siswa tetap semangat mengikuti program bimbingan belajar dan motivasi dari IZI.

Semangat yang sama juga ditunjukkan oleh pemateri, yaitu mbak Nurul Azizatunnisa. Nurul adalah seorang perawat di RS Kariadi Semarang. Beliau menyampaikan materi tentang bagaimana seorang muslim menghadapi sebuah ujian.

Materi tersebut relevan dengan kondisi para peserta beasiswa saat ini, yaitu menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). Nurul menekankan bahwa ketika menghadapi ujian apapun itu, kunci utama adalah kejujuran. Tanamkan kejujuran dalam aspek apapun.

“Kebiasaan baik akan dibawa sampai kita dewasa, begitu juga sebaliknya,” ujarnya. Nurul juga meminta para siswa penerima beasiswa untuk melihat alquran surat Mujaadilah ayat 11.

“Disanadijelaskan tentang bagaimana seseorang dinaikkan derajatnya dengan ujian dan alquran surat AlMaidah ayat 2, tentang tolong menolongdalam hal kebaikan. Hal tersebut berkaitan dengan sistem contek mencontek yang marak terjadi di sekolah,” ungkap Nurul.

Zain, siswa kelas XI Jurusan Produksi mengaku mendapat jawaban dari pertanyaannya selama ini. Zain pun bertanya tentang bagaimana hukumnya jika seseorang sudah niat menyontek, kemudian dia bertanya, tapi tidak mendapatkan jawaban dari Nurul. Sontak saja, pertanyaan Zain itu disambut tawa teman-temannya.

“Kalau itu hukumnya hanya Allah yang bisa menentukan, saya tidak bisa menilai apapun, tapi yang saya tahu niat baik jika dilakukan akan mendapat dua pahala yaitu pahala berniat dan melakukan, tapi jika niat buruk tidak akan mendapat dosa apabila tidak dilakukan, jadi silahkan disimpulkan sendiri ya,” begitu kata Nurul kepada Zain dan siswa lainnya.

Zainpun berkata dengan lirih, “oh berarti itu dosa ya”, dan kembali disambut dengan tawa riuh dari teman-temannya. (IZI/Kiky/Jateng) 


KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Sign In untuk mendapatkan benefit dengan menjadi member IZI

Lupa Info Akun Anda?

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

TOP