Zakat Payment Gateway (Pilih salah satu)

2 Virtual Account (Faspay)
4 FAQ

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembayaran Zakat di IZI, tanyakan kepada Zakat Advisor di 1500047

Jam Operasional

Sen-Jum 8:00 - 17:00
Sabtu & Ahad Tutup!
Kecuali Ramadhan
Buka tiap hari jam 8.00 - 18.00

METESEH (IZI News) - Kelas Gizi merupakan salah satu kegiatan dalam program “Gizi untuk Bangsa” Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah yang dilaksanakan di RW 05, 06, 07, 08 dan RW 09 Kelurahan Meteseh, Tembalang, Semarang, Kamis (9/11/2017). Pada Kelas Gizi ini beragendakan belajar bersama dengan tema “Pemilihan dan Pengolahan Bahan Makanan Sehat”

Diikuti sebanyak 29 ibu balita gizi kurang dan buruk. Pemilihan bahan makanan yang baik merupakan pengetahuan penting yang perlu dimiliki ibu balita karena mengingat pemilihan dan pengolahan makanan menjadi salah satu faktor risiko balita terkena penyakit. Dimana balita yang sering sakit lebih rentan mengalami kekurangan gizi. 

Materi edukasi ini disampaikan oleh kader posyandu di tiap RW. Edukasi ini membahas mengenai cara pemilihan bahan makanan seperti sayuran, buah-buahan, telur, daging, biji-bijian, tepung, tempe, tahu, beras, dan produk kemasan yang baik.

Selanjutnya, membahas mengenai upaya sanitasi yang perlu dilakukan pada tahapan proses dalam pengolahan bahan makanan. Selain materi edukasi, saat kelas gizi juga diisi dengan sesi sharing mengenai upaya yang telah dilakukan ibu-ibu balita dalam meningkatkan berat badan balitanya. 

Fasilitator mengajak ibu-ibu balita berdiskusi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh ibu balita diantaranya balita yang tidak nafsu makan, pola dan porsi makan balita, dan mengatur jadwal makan balita.

Pada sesi sharing dan diskusi ini diharapkan sesama ibu balita dapat memberikan inspirasi positif yang dapat ditiru oleh ibu balita yang lain dalam meningkatkan status gizi balitanya.

Pada akhir pemberian materi edukasi oleh kader, fasilitator menekankan kembali mengenai manfaat materi edukasi yang disampaikan oleh kader posyandu tujuannya agar ibu balita mengingat dan mempraktikkannya di rumah. 

Ibu Fitri, salah satu peserta Kelas Gizi mengatakan, “Setelah dapat materi tadi, saya jadi tahu memilih bahan makanan yang sehat dan baik seperti apa”. Kebermanfaatan kegiatan Kelas Gizi juga dirasakan oleh Ibu Mus.

“Alhamdulillah, setelah ikut Kelas Gizi dapat pengetahuan bagaimana memberikan nutrisi yang baik untuk balita,” tutur salah satu ibu balita gizi kurang yang mengikuti Kelas Gizi ini. Kelas gizi ini diakhiri dengan kegiatan penimbangan balita dan pemberian bahan PMT yang dibagikan oleh kader posyandu setiap RW. 

Harapannya dengan adanya Kelas Gizi ini, ibu balita dapat meningkat pengetahuannya mengenai kesehatan sehingga berkorelasi positif terhadap peningkatan status gizi balita. Selain itu, Kelas Gizi ini menjadi wadah bagi sesama ibu-ibu balita untuk saling berbagi cerita dan berdiskusi seputar pengasuhan balita. (IZI/Noura/Jateng)


KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Sign In untuk mendapatkan benefit dengan menjadi member IZI

Lupa Info Akun Anda?

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

TOP