Zakat Payment Gateway (Pilih salah satu)

2 Virtual Account (Faspay)
4 FAQ

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembayaran Zakat di IZI, tanyakan kepada Zakat Advisor di 1500047

Jam Operasional

Sen-Jum 8:00 - 17:00
Sabtu & Ahad Tutup!
Kecuali Ramadhan
Buka tiap hari jam 8.00 - 18.00

Empat Bekal Kepemimpinan Nabi Yusuf As

Selasa, 10 Jan 2017 by | 329 visitor

KEPEMIMPINAN adalah topik yang selalu aktual sepanjang masa mengingat urgensinya dalam kehidupan. Sebagai gambaran, jika saat ini kita googling kata ‘leadership’, akan diperoleh tidak kurang dari 756 juta hasil. Jika mengecek di situs jual beli on-line popular seperti amazon, maka terdapat lebih dari 171 ribu buah buku yang mengupasnya dari berbagi sudut pandang.

Selain sebagai pembawa risalah Allah, Nabi Yusuf as adalah juga sosok pemimpin otentik dengan prestasi gemilang yang berhasil menyelamatkan bangsa Mesir keluar dari masa krisis yang panjang: 7 tahun musim paceklik tanpa jeda. Kisah perjalanannya sendiri seperti dituturkan dalam kitab suci tentu sarat dengan makna.

Episode perjuangan manusia mulia yang penuh kelokan tajam, tak terduga, menggetarkan, yang Allah SWT sendiri sebutkan sebagai kisah yang terbaik. Ia menjadi sejarah agung dan pelajaran abadi bagi umat manusia sepanjang masa, termasuk bagi para pemimpinnya.

Momentum kepemimpinan Nabi Yusuf as dapat ditelaah antara lain dalam Surat Yusuf sejak awal ayat 54. Peristiwa itu merupakan moment of the truth baginya, yang mempertemukan kesempatan: “Dan raja berkata, ‘Bawalah Yusuf kepadaku agar aku memilih dia sebagai orang yang rapat kepadaku”. (QS Yusuf : 54) 

dan kemampuan yang diperoleh dari tempaan puluhan tahun silih berganti antara kesulitan dan kemudahan yang teranyam secara dramatis :  dari buaian ayahanda Nabi Ya’qub as di Palestina, dijebloskan ke dalam sumur atas konspirasi saudara-saudara kandungnya, terlempar jauh ke Mesir dan menjadi budak belian, memasuki lingkungan elite bangsawan Mesir, keluar dari jerat wanita bangsawan yang jelita, hingga sembilan tahun meringkuk di dalam tahanan.

Bagian paling penting dari potongan episode ini terdapat di penghujung ayat 54 hingga akhir ayat 55. Allah SWT menerangkan empat kunci sukses kepemimpinan Nabi Yusuf as :

“Sesungguhnya kamu (mulai) hari ini menjadi orang yang berkedudukan lagi dipercaya (makiinun-amiinun) pada sisi kami. Berkata Yusuf, ‘ Jadikanlah aku bendaharawan negara, sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga lagi berpengetahuan (hafiidzhun-aliimun)’”. (QS Yusuf 54-55)

Makiinun-amiinun adalah dua kunci pertama yang menggambarkan padunya dua komponen penting yang menjadi modal dasar kepemimpinan sekaligus sumber dayanya yang utama: posisi dan kekuasaan. Dengan keduanya kepemimpinan akan menemukan otoritas formalnya sekaligus sumber daya yang cukup untuk mengaktivasi setiap rencana yang telah dirancang dengan kekuatan penuh dan massif.

Hafiidzhun-aliimun adalah dua kunci sisanya yang menggambarkan kapasitas, kredibilitas, sekaligus kelihaian serta seni memimpin. Aliimun menggambarkan penguasaan seorang pemimpin terhadap landscape pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Hafiidzhun memiliki arti yang luas. Dalam konteks ayat, Sayyid Quthb menafsirkannya dengan : menjaga nyawa dari kematian, menjaga negara dari kehancuran, dan menjaga masyarakat dari fitnah kelaparan.

Dalam terminologi kepemimpinan kontemporer, hafiidzhun dapat diartikan sebagai seluruh praktek kepemimpinan yang bertujuan untuk menjaga kinerja arus misi utama. Kouzes-Posner dalam salah satu riset empiris lintas negara yang dilakukannya selama bertahun-tahun menyimpulkan 5 praktek kepemimpinan efektif universal yang mendukung efektifitas kepemimpinan jika dilakukan terus-menerus

Pertama, menantang proses (challenging the process). Kedua, menginspirasikan visi bersama (Inspiring a shared vision). Ketiga, memberdayakan orang lain bertindak (enabling others to act). Keempat, mencontohkan caranya (modeling the way) dan kelima, menyemangati jiwa (encouraging the heart). Wallahu a’lam bishshowab

*) Wildhan Dewayana, ST, M.Led - Direktur Utama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)


KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Sign In untuk mendapatkan benefit dengan menjadi member IZI

Lupa Info Akun Anda?

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

TOP