Zakat Payment Gateway (Pilih salah satu)

2 Virtual Account (Faspay)
4 FAQ

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembayaran Zakat di IZI, tanyakan kepada Zakat Advisor di 1500047

Jam Operasional

Sen-Jum 8:00 - 17:00
Sabtu & Ahad Tutup!
Kecuali Ramadhan
Buka tiap hari jam 8.00 - 18.00
Dok. IZI NEWS

KARAWANG (IZI NEWS)—Permainan edukasi ‘Zakat Game’ yang diinisiasi oleh Laznas IZI sudah diluncurkan pada 2017. Dan permainan edukatif ini sudah popular di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan lain-lain. Di Karawang ‘Zakat Game’ baru diluncurkan pada 2 Pebruari 2018 lalu berkerjasama dengan Majelis Taklim Al-Ukhuwah, Perumahan Mahkota Regency, Karawang. Simulasi ini disambut antusias oleh peserta. (13/2)

"Salah satu kendala masyarakat saat ini dalam berzakat adalah kurangnya  pengetahuan mengenai zakat itu sendiri, maka dari itu kita harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat mengenai edukasi zakat ini," tutur Bertiana Cahyani selaku ketua dari majlis Ta'lim Al-Ukhuwah.

Selama ini, kurikulum soal zakat di sekolah-sekolah masih sedikit. Metode pembelajaran biasanya dengan menghafal dan tidak pernah berinteraksi langsung dengan zakat. Padahal, hafalan tidak menumbuhkan kesadaran untuk berzakat. Biasanya membaca kurang efektif, tetapi kalau ada sentuhan, experience, pasti akan melekat.

Sekilas, permainan Zakat Game ini serupa dengan monopoli, mainan asal Amerika Serikat yang muncul lebih dari seabad lalu.Jika pemenang dalam permainan monopoli adalah pemain yang memiliki paling banyak harta, tidak demikian dalam Zakat Games.

Adapun pemenang permainan Zakat Game adalah mereka yang paling banyak membayar zakat. Tentunya bukan pakai uang sesungguhnya, pakai uang imitasi seperti uang monopoli.

Permainan yang cocok dimainkan empat orang dengan seorang sebagai bankir ini mengasah pemahaman zakat dengan kartu-kartu pertanyaan salah atau benar soal zakat. Jika benar, pemain mendapat hadiah aset seperti uang dan emas. Selain itu, para pemain mendapatkan uang dari bidaknya masing-masing yang melambangkan sebuah profesi beserta gajinya.

Kocokan dadu akan mendaratkan pemain di kotak zakat, pertanyaan, gaji, denda, hingga musibah yang mewajibkan pemain lainnya urunan.

Zakat dibayarkan jika pemain mendarat di kotak hitung zakat. Cara menghitungnya pun diajarkan dalam panduan.Ada tujuh jenis zakat yang ditunaikan oleh pemain, yakni zakat profesi, zakat peternakan, zakat perniagaan, zakat tabungan, zakat pertanian, zakat sewa aset, dan zakat emas.

Zakat Game ini dapat menjadi media pembelajaran, tak hanya bagi anak-anak di sekolah, tetapi juga untuk para petugas pengumpul zakat yang selama ini belum tentu menguasai informasi soal zakat. Seolah masyarakat di Indonesia menggunakan Zakat Game sebagai bagian pembelajaran. (IZI/Yanti Lestari/Karawang)


KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Sign In untuk mendapatkan benefit dengan menjadi member IZI

Lupa Info Akun Anda?

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

TOP