Zakat Payment Gateway (Pilih salah satu)

2 Virtual Account (Faspay)
4 FAQ

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembayaran Zakat di IZI, tanyakan kepada Zakat Advisor di 1500047

Jam Operasional

Sen-Jum 8:00 - 17:00
Sabtu & Ahad Tutup!
Kecuali Ramadhan
Buka tiap hari jam 8.00 - 18.00

METESEH (IZI News) - Bertempat di kediaman kader posyandu diadakan ‘Sekolah Gizi Ibu Balita’ masing-masing di RW 05, 06, 07, 08 dan RW 09 Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang, Jawa Tengah, Jumat (8/9/2017). Sekolah Gizi merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sebagai bagian kegiatan dalam program “Gizi Untuk Bangsa”.

Pada sekolah gizi kali ini, materi edukasi disampaikan oleh ibu-ibu kader posyandu di RW masing-masing setelah sebelumnya diberikan pengarahan oleh fasilitator dan disimulasikan ketika kegiatan pendampingan kader posyandu rutin setiap bulannya.

Ibu-ibu kader posyandu menyampaikan materi mengenai 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga. Hal ini bertujuan untuk mendorong ibu-ibu balita sehingga dapat menerapkan perilaku bersih dan sehat yang nantinya akan berpengaruh terhadap status kesehatan anggota keluarganya.

Ibu-ibu kader posyandu bersemangat ketika menyampaikan materi dan cukup terampil dalam menjelaskan 10 perilaku hidup bersih dan sehat, manfaat PHBS, memberikan contoh dan menghidupkan suasana belajar dengan menyanyikan lagu 7 langkah cuci tangan yang benar. Begitupun, ibu-ibu balita turut memperhatikan dan mengikuti gerakan lagu 7 langkah mencuci tangan.

Ibu balita juga mampu menyebutkan 10 PHBS, meliputi persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, ASI eksklusif, menimbang balita di posyandu, mencuci tangan dengan sabun, melakukan aktifitas fisik, memberantas jentik, menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, dan tidak merokok di rumah. Di sela-sela penyampaikan edukasi, beberapa ibu balita bertanya mengenai materi yang disampaikan oleh kader posyandu.

Semoga dengan pemberian edukasi yang disampaikan kader posyandu ketika Sekolah Gizi, kader posyandu semakin terlatih dan terampil dalam memberikan edukasi kesehatan dan gizi kepada ibu-ibu balita. Selain itu, harapannya ibu-ibu balita dapat mempraktikkan 10 PHBS di rumah sehingga berpengaruh positif pada kesehatan anggota keluarga. (IZI/Noura/Jateng)


KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Sign In untuk mendapatkan benefit dengan menjadi member IZI

Lupa Info Akun Anda?

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

TOP