Zakat Payment Gateway (Pilih salah satu)

2 Virtual Account (Faspay)
4 FAQ

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembayaran Zakat di IZI, tanyakan kepada Zakat Advisor di 1500047

Jam Operasional

Sen-Jum 8:00 - 17:00
Sabtu & Ahad Tutup!
Kecuali Ramadhan
Buka tiap hari jam 8.00 - 18.00

Pelayanan Terbaik Kepada Para Muzzaki

Rabu, 11 Jan 2017 by | 311 visitor

Janelle Brarlow dan Diana Maul dalam buku Emotional Value: Creating Strong Brand with Your Customer menjelaskan bahwa banyak pelanggan pada saat ini tidak lagi terlalu memperhatikan nilai produk atau jasanya melainkan nilai tambah yang mereka dapatkan.

Sebagai customer relation dalam lembaga filantropi Islam, memberikan pelayanan terbaik kepada para muzakki (pembayar zakat) adalah nilai tambah yang sangat berpengaruh terhadap loyalitas muzakki dalam menunaikan zakat, infaq dan shadaqah mereka melalui lembaga zakat terpercaya.

Inisiatif Zakat Indonesia atau disingkat IZI merupakan lembaga zakat terpercaya yang telah mendapatkan legalitas sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) berdasarkan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 423 tahun 2015.

Dikelola oleh SDM yang memiliki integritas, pengalaman dan kompetensi tinggi dalam pengelolaan aktivitas sosial-kemanusiaan, termasuk di dalamnya pengelolaan zakat, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Berkomitmen sesuai visi yang diemban yakni menjadi lembaga zakat profesional yang terpercaya, menginspirasi gerakan kebajikan dan pemberdayaan masyarakat.

Sebagai lembaga zakat nasional terpercaya, pelayanan terbaik kepada para muzakki merupakan prinsip Customer Relationship Management yang melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon muzakki dan muzakki, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), dukungan teknis (technical support), pemasaran (marketing) dan layanan lapangan (field service).

Pelayanan terbaik kepada para muzakki (Service Excellent) meliputi beberapa aspek:

1. Membangun Relasi

Membangun hubungan yang baik antara amil dengan muzakki dapat dilakukan dengan bersilaturrahim. Mengunjungi tempat tinggal, tempat kerja, berkirim salam dan menyampaikan rasa bahagia ketika muzakki berulang tahun maupun sukses dalam berkarir adalah contoh sikap membangun relasi yang baik.

“Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia bersilaturrahim”. (HR Bukhari Muslim).

2. Mengutamakan Keberkahan

Bahwa yang menjadi fokus nilai tambah dari muzakki menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah adalah keberkahan hidup. Maka, mengutamakan keberkahan adalah prinsip seorang amil yang sangat penting untuk disampaikan kepada para Muzakki.

“Sesungguhnya harta itu hijau lagi manis. Barangsiapa yang mencarinya untuk kedermawanan dirinya, maka harta itu akan memberkahinya…”. (HR Bukhari)

3. Memahami Muzzaki

Memahami para muzakki dengan baik, menjadi fasilitator kebaikan dan berupaya memberikan kemudahan terbaik dalam menunaikan zakat, infaq maupun shadaqah merupakan aspek penting dalam Service Excellent.

"... dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik". (QS Al Baqarah: 195)

4. Mendapatkan Kepercayaan

Loyalitas muzakki adalah puncak kepercayaan. Oleh karena itu, menjadi lembaga zakat terpercaya adalah komitmen terbaik kami. Dengan penyaluran zakat yang tepat sasaran ke delapan ashnaf, ketepatan waktu laporan kepada para muzakki serta kemudahan dalam bertransaksi menjadi tolak ukur tingkat kerpercayaan muzakki.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu Mengetahui”. (QS Al Anfal: 27)

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Service excellent atau pelayanan terbaik kepada para muzakki ditunjukkan dengan kemudahan dalam bertransaksi zakat, infaq maupun shadaqah. Berbagai kemudahan itu diantaranya adalah melalui autodebet, transfer kapanpun dan dimanapun melalui berbagai rekening, aplikasi zakat yang dapat di download melalui playstore, host to host menggunakan ATM, jemput zakat, real time call center, akses laporan dan update informasi penyaluran zakat, infaq dan shadaqah melalui website resmi lembaga serta mendoakan yang terbaik untuk keberkahan hidup para muzakki.

“Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan (zakat, infaq dan shadaqah) dan semoga Allah memberikan keberkahan atas harta yang masih tersisa dan semoga Allah menjadikannya sebagai pembersih harta dan pensuci jiwa”.

Semakin baik pelayanan terhadap muzakki, semakin banyak pula para mustahik yang terbantukan, mandiri dan sejahtera hidupnya. Sesuai komitmen kami, menjadi lembaga zakat profesional yang terpercaya, menginspirasi gerakan kebajikan, dan pemberdayaan masyarakat. Bersama Inisiatif Zakat Indonesia, ‘Memudahkan Dimudahkan’.

*) Ken Ulinnuha - Customer Relation IZI Perwakilan Jawa Tengah


KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Sign In untuk mendapatkan benefit dengan menjadi member IZI

Lupa Info Akun Anda?

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

TOP