Zakat Payment Gateway (Pilih salah satu)

2 Virtual Account (Faspay)
4 FAQ

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pembayaran Zakat di IZI, tanyakan kepada Zakat Advisor di 1500047

Jam Operasional

Sen-Jum 8:00 - 17:00
Sabtu & Ahad Tutup!
Kecuali Ramadhan
Buka tiap hari jam 8.00 - 18.00

Perubahan Dan Kebermanfaatan

Kamis, 23 Nov 2017 by | 148 visitor

Oleh: Elmo Juanara

Dewasa ini perkembangan dunia begitu cepat, ia berkembang dari sebuah motode ke metode lain, dari sebuah bentuk ke bentuk lain, dari sebuah trendsetter ke trendsetter lain. Tapi dibalik perkembangan yang cepat itu tentu ada sebuah pemikiran tentang bagaimana membuat hal yang lebih baik dari sebelumnya. Itulah yang mendasari dari sebuah perubahan, asas dari perubahan ialah ingin menjadi lebih baik.

Perubahan adalah sebuah keniscayaan, ia yang tidak mau berubah tentu akan lapuk di telan ganasnya zaman, ia yang lambat berubah tentu akan terpangkas habis dengan yang cepat, ia yang cepat dan akseleratif tentu akan menjadi pemenang dari kompetisi kehidupan ini. Sehingga kiranya kita perlu lebih dalam mendiskusikan tentang apa itu perubahan, apa yang ingin di rubah, bagaimana cara merubah dan apa dampak dari perubahan tersebut.

Sebelumnya, izinkan saya mengutip sebuah ayat dari kalam-Nya yang suci tentang konsep perubahan, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah nasibnya” (QS 13:11)

Dalam ayat tersebut Allah Swt menjelaskan bahwasanya segala bentuk pencapaian itu pada prinsipnya tergantung kepada usaha dari manusia tersebut. Setelah manusia berusaha, Allah Swt yang kemudian membantu merubah keadaan tersebut. Usaha itu dinamakan ikhtiyar, sebuah tugas mulia untuk membawa kepada kebermanfaatan yang lebih luas.

Masih teringat dalam benak saya, bagaimana Google dapat menjadi perusahaan raksasa yang sekarang masih menjadi kiblat manusia dalam melakukan aktivitas search engine. Setelah membaca habis salah satu buku rahasia Google, terkuaklah sebuah konsep yang bernama asas kebermanfaatan. Asas ini yang dipegang kuat oleh Google dalam mendirikan perusahaannya sedari awal. 

Apa yang diberikan oleh Google? Yup! fasilitas pencarian paling cepat dan lengkap di dunia secara gratis. Fasilitas ini membuat orang lebih mudah dalam menyelesaikan masalahnya, membuat banyak umat manusia semakin mudah menemukan solusi. Ternyata tidak hanya Google, YouTube pun demikian. Berawal dari garasi, tiga anak muda tersebut merintis sebuah perusahaan video online yang kelak akan menjadi trendsetter dalam bisnis, hiburan, dan edukasi.

Ternyata dasar dari perubahan ialah melirik pada asas kebermanfaatan. Itulah yang menjadikan ruh daripada pelopor untuk berani mengambil langkah yang jarang diambil oleh kebanyakan orang untuk merubah masa depan. 

Tetapi ada sesuatu hal yang krusial, banyak lembaga yang kemudian mempunyai nilai-nilai kebaikan dalam setiap haluan kerjanya, tetapi mengapa masih saja berjalan di tempat atau naasnya semakin menurun dari waktu ke waktu. Sementara kita lihat begitu banyak lembaga lain yang belum tentu nilai yang dianutnya lebih baik dari lembaga sebelumnya, tetapi dapat melesat dengan cepat. Adakah yang salah?

:: Elmo Juanara - Marketing Strategic IZI

KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Sign In untuk mendapatkan benefit dengan menjadi member IZI

Lupa Info Akun Anda?

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

Silahkan masukan alamat email, untuk mendownload dokumen

TOP