Setiap perusahaan maupun UKM yang menjual barang dan jasa hendaknya perlu melakukan segmentasi pasar (market segmentation).
Segmentasi pasar banyak di lakukan di skala warung, toko, hingga pasar tradisiona sehingga hasil pendapatan dapat sesuai dengan target produksi.
Tidak hanya itu kualitas produk yang di tawarkan juga akan dikenal orang banyak sehingga akan membangun brand usaha yang baik bagi pelaku usaha. Pasar tradisional di anggap menjadi titik mula pemasaran yang akan di lakukan ke warung-warung dengan penyebaran yang lebih luas. Dari sini UKM Sinar Mulya kemudian berinisiatif melakukan uji coba membuka pasar baru dengan memfokuskan pemasaran ke pasar tradisional. Bertempat di bangunan miniplant hari ini UKM Sinar Mulya melakukan produksi pangsit simul.
Seluruh anggota juga optimis produk pangsit simul ini dapat terjual habis dan memperluas pemasaran UKM Sinar Mulya hingga pelosok warung melalui pasar tradisional sekitar lokasi produksi.
Produksi pangsit simul sebanyak 4 kg yang menghasilkan 10 pak pangsit simul. Pangsit yang di jual ke pasar tradisional juga di lengkapi dengan saos sehingga rasanya akan lebih enak.
“Kami yakin pangsit simul dapat diterima masyarakat luas karena kualitas rasanya terjamin dan kebersihan dalam proses pembuatan juga sangat terjaga sehingga akan menarik minat konsumen ketika membelinya. “ ujar bu Mila Sartika.
Seluruh proses pembuatan sudah menerapkan HACCP sehingga aman untuk makanan. Anggota UKM Sinar Mulya juga sudah faham bahwa kualitas adalah nomer satu dalam usaha makanan sehingga mereka akan sesuaikan dengan prinsip –prinsip HACCP dan SOP produksi.
Sari IZI Lampung
Leave a Reply