MEDAN (IZI News)–Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) cabang Sumatera Utara (Sumut) yang bekerja sama dengan JNE kembali mengadakan Mentoring Bisnis untuk para mustahik. Pada kegitan ini, IZI dapat memghadirkan Kepala Cabang JNE Medan, Bapak Fikri Al-Haq Fachryana. Selain sebagai kepala cabang JNE Medan, beliau juga berprofesi sebagai Trainer dan Motivator.
Tema mentoring bisnis yaitu, “Motivasi Bisnis – Kiat Berwirausaha Di Era Digital”, kegiatan ini diadakan di Rumah Pelatihan dan Keterampilan JNE – IZI, yang beralamat di Jalan Setia Indah, Sunggal Kanan, Deli Serdang, Sumatera Utara.
Mentoring Bisnis juga dihadiri Kepala Kanwil IZI Sumut yaitu Bapak M. Iqbal Farizi beserta anggota Bidang PDG IZI Sumut sebagai perwakilan IZI Sumut. Sedangkan dari pihak JNE Medan, selain Bapak Fikri Al-Haq Fachryana, turut hadir Sudarto Sagala (Head Unit Sales ), Novita Safitri ( Sales and Marketing ), dan Khairul Amri (Head of Public Relation).
Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin mempermudah masyarakat dalam beraktifitas. Salah satu aktifitas yang terkena dampak dari perkembangan teknologi adalah wirausaha dalam bidang fashion and food. Pada masa serba digital ini, pengusaha dalam bidang fashion and food akan lebih mudah berinteraksi dengan para pembeli melalui social media.
Menurut Fikri Al- Haq Fachryana, ada tiga langkah yang perlu kita perhatikan dalam mengembangkan usaha. Pertama, yaitu Segment, “kita harus memiliki titik fokus aspek mana yang akan kita tekuni dalam berwirausaha, misalnya dalam bidang industri pakaian, apakah kita hanya akan memproduksi pakaian wanita saja atau pakaian yang lainnya. terang Fikri.
Kedua adalah Targeting, apakah produk ini hanya untuk penduduk lokal, regional atau bahkan akan diproduksi untuk ke kota lainnya. Terakhir, yang ketiga adalah Position, ini membahas di mana posisi produk kita di pasaran. Ilmu lain yang didapatkan oleh para ibu dalam Mentoing Bisnis kali ini adalah empat aspek dalam berwirausaha yang harus kita perhatikan untuk memasarkan produk.
“Aspek pertama adalah Product, setiap pengusaha harus memastikan produk yang diproduksi tidak mengecewakan pembeli. Kedua adalah aspek Price, yaitu bagaimana harga yang kita tawarkan sesuai dengan produk dan mampu bersaingan dipasaran untuk menarik minat pembeli.” Tambah Fikri.
Selain itu juga Fikri menjelaskan, bahwa aspek selanjutnya aspek Place, bagaimana memilih pasar yang akan menerima bahkan mendongkrak produk kita menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Salah satu ranah Market Place yang paling menjanjikan adalah Facebook atau mungkin social media lainnya.
Terakhir adalah aspek Promotion, aspek ini adalah bagaimana pengusaha mencari support system, contoh dari support system itu sendiri adalah ketika suatu produk telah memiliki iklan, maka produk tersebut biasanya adalah produk yang telah memilik banyak peminat dipasaran.
Durasi 90 menit sangat tidak membosankan untuk para ibu yang tergabung dalam kelompok menjahit binaan JNE-IZI. Selain memotivasi para ibu, mentoring kali ini memberikan banyak sekali ilmu diantaranya, bagaimana cara berwirausaha dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, cara berwirausaha yang teroganisir, serta tips dan trik agar tidak takut dan berani mencoba berkecimpung dalam bisnis via online. (Raihan Jannah/IZI Sumut/Editor: Fajri)
Leave a Reply