Kemudahan adalah kata kunci atas kehadiran media sosial. Beberapa di antaranya adalah aplikasi Instagram, Facebook, dan Whatsapp yang fiturnya berfokus pada foto, gambar-gambar bergerak, dan chat room. Aplikasi ini menjual daya tarik kreativitas penggunanya untuk menyambung interaksi antar manusia dari seluruh dunia.
Pemanfaatan media sosial yang dikuasai Mark Zuckenberg tersebut menjadi saluran sosial favorit. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan dasar manusia, salah satunya kebutuhan bertransaksi jual-beli.
Seiring dengan hajat manusia tersebut, ketiga media itu pun terus membenahi sistem dengan mengakali algoritma-nya, agar makin user-friendly.
Komunitas Muslim Mommypreneur yang telah memperhatikan fenomena ini menyelenggarakan Kelas Bisnis Muslimah dengan menyoroti kemudahan berbisnis menggunakan aplikasi media sosial.
Bertempat di Aula Kandank Jurank Doang Ciputat, Tangerang (25/8/2019), kelas bisnis muslimah tersebut digandrungi pengusaha-pengusaha rumahan di daerah Bintaro, Tangerang, dan sekitarnya.
Kelas bisnis yang bertema “Management Social Media dalam Bisnis” tersebut diisi oleh Irma Nursubchhiana, pemilik House of Valisha. Sebagai salah satu brand hijab asli buatan anak negeri, Irma memiliki pengalaman panjang menggunakan media sosial sebagai saluran personal branding usaha mereka.
Selama kelas berlangsung peserta sangat bersemangat, interaktif dan banyak membahas kasus per kasus transaksi jual beli yang ditemui di lapangan. Para peserta yang khusus dihadiri para muslimah tersebut membahas kendala serta solusi dari pemateri.
Nini Fitria yang mewakili komunitas Muslim Mommypreneur ini berharap dapat memberi banyak motivasi untuk para Muslimah yang berwirausaha untuk makin mengembangkan usahanya melalui media sosial ini.
“Semakin besar margin keuntungan, kesempatan amal sholih dengan shodaqoh dan ber-infaq semakin besar. Paling utama adalah berkontribusi positif bagi ekonomi keluarga, serta umat,” imbuhnya.
Pada kegiatan tersebut, Inisiatif Zakat Indonesia berkesempatan berbagi kenang-kenangan dengan para peserta kegiatan kelas bisnis muslimah. Kolaborasi antara lembaga zakat IZI dengan komunitas Muslim Mommypreneur di kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran muslimah Indonesia untuk makin berdayaguna di era teknologi 4.0.
Leave a Reply