Tahun ini menandai gelaran Ramadhan Charity Initiative pertama, menjadi event yang dibangun melalui kolaborasi dengan berbagai multi-organisasi. Modifikasi kegiatan amal kemanusiaan dilaksanakan dalam semangat berbagi di bulan Ramadhan, bulan meningkatnya kesadaran sosial. Secara garis besar, Charity Ramadhan Initiative sebuah ide bagi seluruh elemen masyarakat di seluruh Indonesia menyalurkan kesadaran sosial mereka dengan berderma secara langsung dengan lebih rapih dan tertata.
Inisiatif Zakat Indonesia sebagai organisasi zakat nasional, adalah salah satu pelopor gerakan kesadaran sosial bersama beberapa organisasi dan komunitas ini. Upaya ini merupakan langkah awal yang baik, sebuah gerakan advance dalam mengelola hasrat berbagi kepada sesama oleh masyarakat yang tekenal dermawan oleh Charity Aid Foundation (CAF). Dapat dikatakan, dengan menggandeng organisasi dan komunitas lain dalam kegiatan Ramadhan Charity Initiative menjadikan berdonasi tidak lagi dilakukan secara sendiri-sendiri secara sporadis, namun lebih tertata dan terpublikasi dengan apik.
Setidaknya, tahun ini Inisiatif Zakat Indonesia berkolaborasi bersama Hubb.Asia sebagai provider live streaming, Web TV, dan video on demand berbasis konten Islami, berhasil menggandeng beberapa komunitas dan baitulmaal, seperti Infaq Beras Banten, Baitulmal Munzalan Indonesia, Pasukan Amal Saleh.
Ramadhan Charity Initiative ini juga dimeriahkan oleh selebriti. Mulai dari presenter, musisi, hingga aktor lawak, untuk menghibur 1000 anak yatim dan penghapal Alquran. Keseluruhan acara amal bakti ini didukung oleh Maybank selaku donatur.
Meski dilaksanakan pertama kali, Ramadhan Charity Initiative berlangsung secara khidmat dan meriah. Kegiatan dibuka pada tanggal 19 Mei 2019, di masjid Raya Bani Umar, Bintaro, Tangerang – Banten, bersama anak-anak yatim, kemudian dilakukan serentak pada 23 Mei dan 28 Mei 2019 di empat wilayah : Serang – Banten, Bandung – Jawa Barat, Pontianak –Kalimantan Barat, dan Samarinda – Kalimantan Timur. (DH)
Leave a Reply